HOSTING


Hasil gambar untuk hosting adalah

Pengertian Hosting-Hosting atau web hosting adalah server yang merupakan tempat untuk menampung data-data atau file-file dari sebuah website agar bisa ditampilkan dan diakses oleh para pengakses internet.
Data atau file yang dimaksud disini dapat berupa file, gambar, aplikasi/program/script dan database yang merupakan tampilan yang biasa kamu lihat saat browsing.
Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Ada beberapa faktor utama yang menjadikan beberapa provider hosting menerapkan harga yang berbeda-beda, yaitu :

1. Kapasitas penyimpanan
Kapasitas penyimpanan menunjukkan banyaknya data atau file yang diperlukan oleh website pengguna. Kapasitas ini bisa pengguna lihat di menu control panel hosting.

2. Besarnya data transfer
Data transfer adalah banyaknya  data yang diupload ataupun didownload oleh kita sendiri maupun oleh para pengakses internet.

3. Fitur  atau fasilitas yang disediakan
Fasilitas fitur yang disediakan umumnya sudah standar dan menjadi satu dalam aplikasi yang disebut control panel atau sering disingkat menjadi cpanel.

4. Layanan support
Tidak setiap hosting mampu memberikan layanan prima, misalnya 24 jam atau 24×7. Sehingga jika kamu mencari hosting, apalagi pemula pilihlah hosting yang tangguh dengan layanan yang responsif.

5. Masa berlangganan
Masa berlangganan ini bervariasi dipengaruhi oleh lamanya kita menyewa hosting. Biasanya hosting mematok tarif sebesar $10 an bisa juga lebih dan kurang. Tergantung dari kualitas hosting.

6. Spesifikasi server hosting
Spesifikasi server yang digunakan akan sangat berpengaruh terhadap biaya langganan hosting. Spesifikasi ini bisa dilihat dari spesifikasi hardware, software dan jaringan sehingga berpengaruh terhadap  kecepatan dan realibilitas.


Ada beberapa jenis layanan Hosting yaitu sebagai berikut:

1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.

2. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.

3. Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

 Hasil gambar untuk pengertian hosting dan contohnya
Ketika pengguna memutuskan untuk memiliki blog atau website yang hosting sendiri, maka pengguna harus bisa memilih-milih jasa web hosting yang baik. Yang harus pengguna perhatikan ketika memilih hosting untuk blog atau website adalah:

1. Kebutuhan pengguna terhadap space dan bandwidth. Semakin banyak tulisan pengguna, maka semakin besar space yang akan dibutuhkan. Semakin banyak pengunjung blog pengguna maka semakin besar bandwidth yang dibutuhkan agar tidak terjadi server full load
2. Perhatikan layanan dan fitur dari tempat pengguna akan menghostingkan blog atau website pengguna. Bisa mencakup software apa saja yang ada di hostingnya serta support dari jasa hostingnya.
3. Target pembaca. Jika anda memilih target pembaca dari dalam negeri ada baiknya menggunakan server lokal saja agar lebih menghemat bandwidth. Tetapi jika pengguna memilih target yang glogal, maka tak ada salahnya anda memilih server luar negeri seperti di Amerika. Tapi keadaan ini tidaklah mutlak.
4. Harga yang pas. Konsultasikan kepada mereka yang lebih paham tentang kebutuhan hosting pengguna agar jasa yang pengguna sewa sesuai dengan uang yang akan pengguna keluarkan.

Cara Menyewa Web Hosting ialah:

1. Untuk menyewa jasa hosting pengguna perlu mengetahui hosting mana saja yang tersedia di tempat pengguna atau setidaknya di Indonesia.
2. Kemudian pengguna klik bagian pesan/ registrasi dari setiap halaman utama jasa hosting tersebut.
3. Ikuti saja langkah yang di instruksikan seperti memilih nama domain, cek ketersediaan nama domain yang pengguna inginkan, dan selesaikan pembayarannya.
4. Jika hosting pengguna sudah online biasanya pengguna akan mendapat email dari penyedia jasa atau chat saja officer yang sedang online di homepagenya.

Penjelasan hosting secara mudah adalah lahan rumah. Sedangkan websitenya sebagai rumahnya. isi rumahnya bisa dianalogikan sebagai file-filenya. Jadi tanpa hosting, website tidak akan ada dan tidak bisa disajikan kepada para pengunjung atau pengakses internet.

SUMBER: http://www.sitampan.com








You Might Also Like

0 komentar